Ransum sebagai Pakan Tambahan Kambing

Kamis, (31/01/2019) mahasiswa Tim I KKN Undip Tahun 2018/2019 telah melaksanakan salah satu program monodisiplin yaitu ‘Pelatihan Pembuatan Ransum Kambing sebagai Pakan Tambahan’ kepada peternak kambing di Desa Karangbrai. Program pelatihan tersebut disampaikan oleh mahasiswi KKN Undip yaitu Nauroh Nova Nur Azizah dari Jurusan Peternakan. Pelatihan pembuatan ransum diadakan di salah satu rumah warga bersamaan dengan kegiatan tahlilan rutin bapak-bapak di Dusun Langensari yang dilaksanakan setelah sholat maghrib. Hal ini karena sebagian warga yang mengkuti kegiatan tahlilan tersebut adalah peternak kambing yang biasanya dipelihara di belakang rumah mereka. Peternak biasanya hanya memberi pakan rumput lapangan tanpa pemberian pakan tambahan lain. Padahal kebanyakan kambing dipelihara untuk digemukkan dan kemudian dijual. Tanpa pakan tambahan pertambahan bobot badan kambing kurang maksimal sehingga keuntungan juga kurang maksimal. Hal inilah yang menjadi latar belakang perlunya diberikan pelatihan pembuatan ransum kambing dengan memanfaatkan bahan-bahan hasil pertanian yang mudah didapat.

Acara dimulai dengan kegiatan tahlilan terlebih dahulu kurang lebih selama 30 menit dan dihadiri oleh 22 orang. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan ransum kambing dengan praktek secara langsung. Bahan-bahan penyusun ransum yaitu bekatul, ampas tahu, jagung giling, garam dan tetes tebu/molases. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dimulai dari bahan yang komposisinya paling banyak yaitu bekatul dan terakhir penambahan tetes tebu. Ransum yang telah jadi kemudian dibagikan kepada peternak untuk dicobakan pada ternaknya, sebelumnya telah diberikan penjelasan terlebih dahulu cara pemberian ransum ke ternaknya.

Pelatihan ini diharapkan dapat membantu peternak dalam usaha penggemukan kambingnya dengan memanfaatkan bahan-bahan pertanian sebagai pakan tambahan ternak. Pemberian pakan tambahan ini dapat mengoptimalkan pertambahan bobot badan kambing sehingga nilai jualnya dapat meningkat. Sehingga meskipun hanya sebagai usaha sampingan, ternak kambing dapat dijadikan sebagai tabungan investasi yang menjanjikan warga Desa Karangbrai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *