“Bajay”nya Karangbrai

bajaynya karangbrai

Pemalang, Selasa (5/02/2019), mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2019 mengadakan pelatihan pembuatan Bakso Ayam Jagung di Desa Karangbrai, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Program ini merupakan salah satu program multidisiplin mahasiswa KKN Tim 1 Undip Desa Karangbrai.

Jagung merupakan tumbuhan yang cukup banyak tumbuh di lingkungan pertanian Desa Karangbrai, hal ini dikarenakan lahan disana termasuk dalam kategori tanah subur.  Selama ini, oleh masyarakat Desa Karangbrai, tanaman jagung hanya diolah menjadi pangan jenis tertentu yang tidak tahan lama dan hanya untuk dikonsumsi sendiri saja. Padahal jagung dapat diolah menjadi berbagai produk yang menguntungkan serta bernilai ekonomis, salah satunya adalah bakso jagung ayam.

Program pelatihan pembuatan Bakso Jagung Ayam merupakan salah satu upaya untuk mendorong masyarakat Desa Karangbrai khususnya ibu – ibu agar lebih produktif sekaligus memanfaatkan peluang yang ad. Pelatihan ini dihadiri oleh 25 orang ibu-ibu pengurus PKK dan disambut dengan penuh antusias. Mahasiswa Tim kkn undip desa Karangbrai mendemokan secara langsung cara pembuatan Bakso Jagung Ayam dari bahan mentah, pengemasannya dan bagaimana cara memperoleh izin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT). Ibu – ibu desa Karangbrai yang menghadiri program ini terlihat tertarik untuk mengembangkan produk yang dihasilkan, melihat potensi yang ada, murahnya bahan baku, dan produk yang dihasilkan. Hal ini terlihat dari partisipasi ibu – ibu dalam bertanya dan mengikuti jalannya pelatihan.

Program pemberdayaan ibu – ibu Desa Karangbrai melalui pelatihan pembuatan Bakso Jagung Ayam ini harapannya dapat meningkatkan minat serta produktivitas ibu – ibu desa Karangbrai untuk memproduksi produk yang menguntungkan. Program ini juga diharapkan mampu menjadi perintis berkembangnya UMKM di Desa Karangbrai. Sehingga kondisi perekonomian Desa Karangbrai bisa meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *